Printer Barcode Murah Prowill BTP 2100

Mengapa membeli printer barcode ???

Printer Barcode Prowill

Ada kalanya orang berfikir kenapa harus membeli printer barcode ? kan tanpa printer barcode dengan printer biasa pun kita bisa mencetaknya, semisal degan menggunakan printer inkjet atau laser printer atau bahkan printer dot matrix resolusi tinggi seperti *p*on seri tertentu. Sebelum saya pribadi mengenal printer barcode juga berfikiran demikian, tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa digantikan oleh printer barcode dalam hal mencetak sebuah barcode (kode dalam bentuk garis). Diantara hal hal tersebut adalah soal kecepatan, keakuratan, ketahanan hasil cetak dan kemudahan dalam hal menempel barcode. Semua hal tersebut tidak kita dapatkan jika kita mencetak dengan printer selain printer khusus barcode.

 Kecepatan, jelas printer barcode rata2 mempunya kecepatan 3 inch – 6inch per secondnya yang satuan cetaknya

Print barcode dari printer biasa A4 isi 72 label ukuran 32x18mm

berbeda dengan printer umumnya yaitu untuk kualitas best atau foto rata rata 1-2 paper per menit (ppm) saya pernah mencoba cetak label barcode ukuran 32x18mm lewat printer inkjet satu lembar A4 itu bisa untuk 72 label kwalitas best photo saya butuh waktu sekitar 1-2 menit printer *a*on kalau di printer laser sekitar 30 – 45 second dengan printer barcode speed 4 inch per second ukuran label yg sama 100pcs label hanya butuh waktu 6-8 detik saja. Kemudian keakuratan data, printer biasa apalagi yang menggunakan tinta rawan akan keakuratan hasil cetak garis barcode nya apalagi jika kwalitas print nya tidak kita setting di bagian best atau best photo, kalau printer laser lebih akurat tetapi kadang kala juga sering miss/salah juga apalagi dot matrix hal ini berpengaruh pada saat sebuah kode garis tersebut di baca oleh barcode reader atau scanner barcode, ada 2 kemungkinan. Pertama tidak terbaca sama sekali oleh scanner barcode atau terbaca tetapi hasilnya salah karena scanner salah menginterpretasikan, tentunya hal ini akan berpengaruh buruk terhadap kelangsungan usaha anda, juga terhadap ketahanan label jika disimpan dalam waktu lama relative lebih bagus printer barcode. Yang lain soale ketahanan hasil printing printer barcode jauh lebih unggul dibanding printer biasa hal ini karena di printer barcode itu menggunakan metode thermal transfer dan direct thermal yang tidak di adopsi di printer lain. Dengan metode ini membuat hasil cetak di label barcode itu jauh lebih awet meskipun dengan label yang paling murah. Hal terakhir adalah kemudahan menempelnya jika kita printing pake printer biasa kita harus memotong labelnya 1 per 1 lagi baru di tempel tetapi jika menggunakan label barcode tinggal diambil labelnya dan di tempel ke alat atau barang nya.

Sejauh ini banyak macam baru dari printer barcode yang beredar dipasaran. Mulai dari yang untuk keperluan cetak skala jumlah kecil home industry sampai skala kebutuhan jumlah cetak besar per satuan waktu tertentunya. Seperti kita ketahui printer barcode secara peruntukan dan kelas dibagi atas 2 kategori kelas yaitu barcode printer desktop yang biasanya untuk keperluan skala kantor dan ritel serta industri ringan, kelas kedua adalah barcode printer Industrial yang biasanya digunakan untuk kebutuhan skala besar dan Industri berat dimana lingkungan pemakaian butuh ketahanan fisik yang kuat.

Prowill Technology CO., LTD tahun 2008 lalu meluncurkan sebuah produk baru untuk segmen Desktop Barcode Printer yaitu Prowill BTP2100. [Keunggulan pertama] Meski segment nya desktop prowill BTP2100 ini di design untuk skala industri menengah hal ini dibuktikan dari kapasitas ribbon thermal transfer mampu menampung sampai

Ribbon berbagai warna dan ukuran

300 meter panjang nya,  diharapkan BTP2100 mampu memenuhi kebutuhan pencetakan barcode dengan jumlah yang besar tetapi tidak sebesar printer kapasitas industri atas, lain halnya dengan desktop printer barcode lainnya dimana kapasitas ribbon yang dimiliki umumnya berkisar hanya 75 meter sampai 100 meter saja atau ada juga yang mampu menampung kapasitas sampai 210 meter saja. Semakin panjang kapasitas ribbon semakin mempermudah user dalam penggunaan nya. Sebagai perbandingan saja, biasanya kalau kita mau mencetak barcode di printer barcode itu kita harus mempunyai label khusus untuk barcode, di sesi lain akan saya bahas tips memilih label barcode nya. Nah label barcode ini disett dalam bentuk gulungan roll dimana di tengahnya diletakkan sebuah kayu berlubang seperti pipa yang di sebut core label, core label ini ada 2 macam core dengan ukuran kecil (core kecil) untuk printer desktop dan small industry juga core ukuran besar(core besar) untuk printer industri. Panjangnya label barcode dalam satu gulungan (untuk core kecil) itu berkisar antara 50-54 meter dalam 1 roll nya, kalau jumlah label nya tergantung ukuran kertas label per pcs nya. Contoh label ukuran 32×18 mm itu dalam 1roll kurang lebih berisi sekitar 10.000 pcs label. Hitungan matematis nya 1 roll ribbon ukuran 300m ini mampu mencetak untuk kurang lebih 6 roll kertas label jadi kita

Label barcode dengan core besar & core kecil

tidak perlu melakukan penggantian ribbon sampai dengan 6 roll kertas, bayangkan jika ukuran panjang ribbon yang kita pakai itu hanya 74m (dibeberapa printer) otomatis setiap kali kita printing kertas 1 roll dan masuk ke roll kedua akan habis ribbon nya dan butuh waktu untuk ganti ribbon lagi. Bisa saja kita lakukan jika kita punya banyak waktu, bagaimana dengan kita yang butuh untuk kecepatan tinggi dalam proses cetak barcode nya..??

[Keunggulan kedua] Dukungan lainnya dari BTP 2100 adalah kecepatan cetak baik untuk mode thermal direct maupun dengan ribbon (thermal transfer) bisa sampai 4 inch per second sehingga sangat mendukung kebutuhan pencetakan dengan skala menengah. Prowill juga melengkapi unit bagi pembeli baru dengan software barcode design label secara gratis / free software ini mampu untuk mencetak banyak simbologi standard barcode baik 1 dimensi maupun 2 dimensi tetapi juga tidak secanggih software design barcode yang bagus seperti bartender dan lain nya. Perlu diketahui umumnya barcode printer tidak melengkapi unit yang dijual dengan program barcode secara gratsi/ free melainkan hanya bersifat trial sampai kurun waktu tertentu misal 30 hari setelah itu user harus membeli dengan cara meregistrasikan softwarenya. Kisaran harga nya antara USD 200 – 600 atau sekitar 2-6 juta tergantung kemampuan dan fasilitas software tersebut.

Tampilan Software By Label Prowill dengan fitur koneksi database

[Keunggulan ketiga] Satu hal lagi yang sangat membuat prowill ini beda dari yang lain, software yang disertakan didalamnya sudah dilengkapi dengan kemampuan loading database dan beberapa file lain seperti file TXT dan MS Excel, software nya sekelas dengan software berbayar dengan harga 3juta ke atas. Jika kita menggunakan database lain semisal SQL server atau MS access software by label ini sudah menyediakan koneksi menggunakan ODBC (Open Database Connection) kita tinggal membuat odbc nya langsung terkoneksi. Saya pernah punya satu pengalaman dimana saya mempunyai customer dengan 2800 item barang, dia sudah menggunakan program TOKO ipos yang kami miliki juga, kemudian customer kami ingin membuat label barcode nya. Betapa repotnya jika dari 2800 item barang tersebut harus 1 per 1 membuat label barcode nya, maka saya gunakan model koneksi database yang sudah di pergunakan di software by label ini hanya dalam waktu relative lebih singkat kita bisa membuat barcode nya dan menghemat tenaga dan pikiran juga.

Harga USD 480

Spesifikasi Teknis:

Resolution : 203DPI
Print method Thermal/Thermal Transfer
Print width (max.) 108mm
Print speed (max.) 4” / 100mm per sec
Memory 2MB SDRAM ; 4MB Flash ROM (expandable to 8MB)
TPH overheating protection Thermal sensor
TPH position Micro-switch
Black mark detection Photo sensor
Ribbon detection Photo sensor
Interface RS-232; USB RS-232; USB
Driver Windows Driver (WIN98/NT/XP)

Control Panel:
Button : FEED, PAUSE, CANCEL
LED :  POWER, STOP, ERROR

Barcode :
1 Dimension = CODE, CODE39, UPCA, UPCE, INTER 25,
CODE128, EAN13, EAN8, HBIC (CODE39 with
verify symbol), CODEBAR, IndustryCODE25,
Barcode Transporting code, UPC2, UPC5, CODE93,
POSTCODE25 (CHINA), UCC/EAN
2 Dimension = CODE: PDF417, MAXICODE, DATAMATRIX, QRCODE

Font :
Common single-byte font: FONT0~FONT8, 6 kind of
ASD smooth font, 8 kind of Courier font
User-defined font: user can download defined font to
FLASH or SDRAM

Graphics:
Enlarge/Rotate Enlarge 1~8 times both in horizontal and vertical,
Rotate (0°, 90°, 180°, 270°)

Graphics Binary plain graphics, HEX, PCX, BMP and IMG graphics can be downloaded to FLASH/RAM
Paper type Continuous paper, label paper, hole paper, black mark paper
Paper width (max.) 118mm
Paper roll OD (max) 127mm (5”)
Ribbon length (max) 300m
Ribbon ID 25mm
Paper out Tear off, peel off (optional)
Input AC110~240V, 50/60Hz
Output DC 24V, 2.5A
Operating +5~45°C, 20%~80% RH (None-condensed)
Storage -40°~55°C, 20%~93% RH (None –condensed)
Dimension 300mm (L) x 252mm (W) x 190mm (H)
Weight 3.5kg
External paper holder, extend flash to 8MB, USB interface

Brosur

Trackbacks/Pingbacks

  1. Instalasi Ribbon dan Label Printer Barcode Postek dan Prowill | Barcode Scanner, Program Toko, Printer Kasir - Alexindo Enterprise - [...] Postek C168 tetapi pada kenyataan nya sama dengan beberapa printer lain seperti postek G2108, prowill dan zebra seri 2844.…

Leave a Reply