ATM di Indonesia Sudah Bebas Pembobolan

Automatic Teller Machine ATM

Bank Indonesia (BI) kini tidak lagi menemukan laporan pembobolan kartu debet atau kartu ATM. Dengan kata lain Indonesia kini telah bebas dari fraud atau pembobolan kartu debet maupun kartu ATM. “Untuk pembobolan kartu debet dan kartu ATM saat ini sudah tidak ada lagi. Atau dengan kata lain sudah zero fraud saat ini,” ujar Kepala Biro Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Aribowo di sela acara Swift Business Forum di Hotel Mandarin, Jakarta, Selasa (11/05/2010).  Berdasarkan laporan terakhir yang masuk ke BI, pembobolan kartu debet atau kartu ATM hanya mencapai Rp 8 miliar. “Itu sampai bulan Maret 2010, tidak ada penambahan lagi,” ungkapnya. Mengenai implementasi kartu debet atau ATM berbasis chip, Aribowo mengatakan 3 bank telah melakukan uji coba. “Bank Permata, BCA, dan Bank Mandiri,” katanya.  Dan yang memang lebih dulu siap melakukan migrasi, lanjut Aribowo adalah BCA. Saat ini BI mencatat pemegang kartu debet dan ATM sebanyak 45 juta. “Dibutuhkan waktu hingga 4-5 tahun untuk mengganti seluruh kartu debet atau kartu ATM menjadi berbasis chip. Dengan biaya satu kartu itu mencapai US$ 1-2,” pungkasnya. (Detik Finance) Sementara itu beberapa berita sebelumnya soal bagiamana cara penjahat mengintip PIN kartu ATM anda Silahkan klik disini.

Saran saran Untuk Pencegahan

Beberapa saran dari Kami (harap untuk ditambahkan oleh Anda-Anda semuanya atau dikoreksi).

  • Perhatikan kondisi ATM yang akan dipakai, para penjahat ini jarang beraksi di ATM-ATM yang berada dicakupan Bank karena biasanya ada satpam maupun kamera yang siap untuk merekam setiap gerak-gerik di lokasi tersebut.
  • Bila memang dalam kondisi ramai, lihat-lihat juga ke arah sekeliling Anda, pastikan tidak ada hal yang mencurigakan (baik itu benda maupun manusia-itu juga maksud dibuatnya kaca cembung kecil untuk melihat ke arah belakang yang di taruh pada mesin-mesin ATM).
  • Saat akan menekan PIN, pastikan jari Anda terlindungi dari sisi-sisi yang diperkirakan bisa terlihat (satu tangan menekan tombol dan tangan lain untuk menutupi) beberapa Bank sudah membuat penutup pada bagian tombol PIN ATM untuk mengatasi nasabah yang lupa melakukan hal tersebut. *beberapa Bank juga telah membuat alat khusus pada slot masukan kartu ATM Anda (ada juga aplikasi berupa “Jitter” -> jika kita memasukkan kartu ATM akan tersendat-sendat), sehingga mungkin mempersulit alat untuk skimming pada ATM-ATM yang sudah diprotect tersebut.
  • Beberapa teman biasanya memasukkan password salah, sebelum memasukkan password benar untuk mengecoh bila dikuatirkan ada Keypad palsu yang digunakan untuk merekam, ada juga yang meneruskan transaksi ataupun memasukkan kartu kembali dan kemudian memasukkan PIN yang salah. Bila terjadi masalah seperti kartu Anda ‘tertelan’ di mesin ATM..JANGAN PANIK..bila ada orang yang asing yang menganjurkan Anda untuk memasukkan password JANGAN DILAKUKAN, cobalah untuk menekan tombol cancel / batal dan bila kartu masih belum keluar datangi lokasi terdekat Bank Anda & selalu siap dengan menyimpan nomer operator / call center dari Bank Anda pada notes ataupun handphone, karena dibeberapa kasus ada yang sengaja menempelkan nomer palsu pada badan ATM yang ternyata adalah nomer telpon palsu (sindikat dari penjahat tersebut). Harap untuk rutin mengganti PIN ATM Anda, periksa saldo tabungan Anda setiap saat.

Jadi tidak usah terlalu kuatir sekali, yang penting teliti & Waspadalah..Waspadalah…

TIPS AMAN BERTRANSAKSI di ATM DARI SEORANG MANTAN SKIMMING

Dan DeFelippi, mantan pencuri identitas nasabah kartu debet dan kartu kredit. Kini DeFelippe “telah insyaf” setelah ditangkap polisi AS tahun 2003 lalu dan kini bekerja sama dengan aparat hukum guna membongkar jaringan jahat di internet. Inilah tips aman dari DeFelippe:

  1. Salah satu ciri sebuah alat skimmer telah ditempelkan adalah bila Anda tidak melihat cahaya berpendar LED ketika Anda memasukkan kartu ke mesin ATM. Bisa jadi lampu LED tidak terlihat berpendar karena tertutupi oleh skimmer.
  2. Waspadai kotak brosur yang mungkin menempel/di dekat ATM karena kotak brosur itu bisa jadi berguna untuk menutupi kamera tersembunyi untuk merekam gerakan jemari Anda menekan nomor PIN.
  3. Biasakanlah menggunakan mesin ATM yang terdekat dengan kediaman/kantor Anda sehingga Anda familiar bagaimana mengoperasikannya dan mengetahui dengan cepat bila ada kejanggalan.
  4. ATM drive-through adalah target bagus untuk pencuri identitas karena pengemudi seringkali merasa terburu-buru dengan pengantre lainnya sehingga tidak memberi perhatian lebih.
  5. ATM teraman adalah yang berada di dalam bank atau toko yang ramai orang-orang. 6. Waspadalah bila ATM mengaku “rusak/out of order” sehingga uang tak bisa keluar, padahal Anda telah memasukkan kartu dan telah memasukkan PIN.

Di Indonesia, sejumlah bank telah mengumumkan kerugiannya akibat aksi skimmer. Rinciannya:

  • BCA: 200 nasabah dibobol dengan kerugian sekitar Rp 5 miliar
  • BNI: 19 nasabah dengan kerugian sekitar Rp 200 juta
  • BRI: 3 nasabah dengan kerugian sekitar Rp 48,5 juta

Detiknews

Leave a Reply